CONTENT BLOGGER HERE
CONTENT TWITTER HERE
CONTENT FACEBOOK HERE

TEMEN LAN BENER

TEMEN : Sungguh-sungguh, konsisten, tidak berubah

BENER : berdasarkan Qur'an dan Hadits

Minggu, 07 Februari 2010

3.3 ILMU MANQUL MUDAH DIFAHAMI DALAM WAKTU YANG SINGKAT

Dengan sistem manqul ilmu Al Quran dan Hadits akan mudah untuk difahami dalam waktu yang relatif singkat, tidak bertele-tele sehingga kita segera bisa mengamalkannya dengan benar dan sah. Sebagaimana keterangan-keterangan yang kita terima dari para mubalik dalam jama'ah, bahwa guru besar kita, pada waktu mengaji secara manqul di Mekah Al Mukarromah hanya memerlukan waktu 10 tahun saja. Alhamdulillah atas peparing/kurniaan Allah dalam waktu 10 tahun itu beliau dapat menerima kemanqulan Al Qur'an 30 juz bacaan, makna dan keterangan dengan Qiro’atussab’a (21 macam bacaan) dan dapat menamatkan bermacam-macam hadits yang kesemuanya sejumlah 49 macam Hadits, semua itu dengan cara manqul dan beliau benar-benar faham terhadap Al Quran dan Hadits yang diterima secara manqul.

Setelah pulang dari Mekkah, beliau terus amar ma'ruf kepada sanak saudara, handai taulan, sahabat-sahabatnya, kenalannya dan siapa sahaja untuk diajak menetapi agama Islam yang haq berdasarkan Al Qur'an dan Hadits secara berjama'ah. Mereka ada yang mau dan ada yang menolak juga ada yang merintangi/menentang tetapi beliau tidak jatuh mental/takut, tetap bersemangat dalam amar ma'ruf dengan bermacam-macam cara, di antaranya beliau selalu mengadakan pengajian khataman/asrama Al Quran dan Hadits secara manqul-musnad-muttashil dan tempat pengajiannya berpindah-pindah. Dalam waktu kurang lebih satu bulan setiap khataman/asrama bisa mengkhatamkan Al Qur'an 30 juz bacaan, makna dan keterangan secara jelas, dan mudah difahami sehingga para peserta khataman pulang dari pengajian merasa puas, senang, gembira dan mantap.

Sampai sekarang kita terus menerus melaksanakan pengajian-pengajian Al Qur'an dan Hadis dengan sistem manqul-musnad-muttashil sehingga dalam waktu yang relatif singkat dapat memahami Al Qur'an dan Hadits dengan mudah. Separti pengajian khataman/asrama di pondok-pondok, daerah-daerah pada bulan Romadhon atau waktu lainya dalam waktu kurang dari satu bulan Al Qur'an 30 juz bacaan, makna, keterangan dapat dikhatamkan atau 12 Kitab himpunan Hadits Nabi dapat dikhatamkan dalam waktu kurang lebih satu bulan. Contoh lagi ialah pengajian Hadits-Hadits Besar seperti Sohih Bukhari, Sunan Nasa’I, Sunan Abu Dawud, Sunan Tirmidzi dan lainnya dalam waktu kurang lebih 15 hari satu juz dapat dikhatamkan.

Dengan cara manqul pengkajian dan pemahaman terhadap isi Al Qur'an dan Hadits jadi mudah, jelas, cepat dan tepat kerana ada yang menuntun dan membimbing secara langsung. Sebagai contoh mudah, jelas, cepat dan tepatnya dalam menerima Al Qur'an dan Hadits secara manqul digambarkan seperti orang yang disuruh mengambil jarum. Orang yang menyuruh menjelaskan: “Ambilkan jarum, jarumnya berada di dalam almari pakaian yang ada di kamar tidur paling bawah, kunci almari ada di atasnya, bukalah almari pakaian itu dan carilah jarum itu pada rak yang paling bawah di situ ada bungkusan kain warna hijau, nah di situlah letaknya jarum”. Orang yang menerima perintah itu dengan sendirinya akan dengan mudah, cepat dan tepat untuk mengambil jarum yang dimaksudkan.

Sedangkan bagi orang yang tidak manqul digambarkan separti orang yang disuruh mengambil jarum dalam almari tersebut belum sampai dijelaskan/dimanquli dia langsung terus mencari sendiri padahal dalam rumah itu kamarnya banyak almari, pakainnya banyak dan dikunci, maka orang tersebut tidak bisa menemukan jarum yang dimaksudkan, seandainya bisa menemukan, itu hanya suatu kebetulan atau setelah bersusah payah membongkar seluruh isi rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segala keritik dan saran akan menjadi satu kebaikan dimasa yg akan datang,dan itu sangat kami harapkan.